Cari Blog Ini

Jumat, 12 Maret 2021

MIN 3 Lampung Barat Satu-satunya Madrasah Penerima Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Propinsi Lampung Tahun 2020

Lampung Barat, MIN 3 (Humas 9/3) – Halo Sobat Madrasah! Berdasarkan Surat Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Lampung Nomor 660/110/V.10/2021., Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Propinsi Lampung mengeluarkan surat undangan dalam rangka pemberitahuan para peraiah penghargaan Adiwiyata dan Kalpataru Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2020 di Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Lampung, Selasa 5 Maret 2021. 

Surat undangan tersebut ditujukan kepada Kepala DLH Kabupaten Pringsewu, Mesuji, Pesawaran, Lampung Selatan,Lampung Barat, Kota Metro dan Saudara H. Tedi Purwoko dan Suyanto sebagai penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata dan Kalpataru tingkat Provinsi Lampung 2020.Ada tujuh sekolah yang menerima penghargaan sekolah adiwiyata tingakat provinsi Lampung 2020 antara lain, SMPN 1 Adiluwih PRingsewu, SD Negeri 16 Way Serdang Mesuji, SMPN 1 Air Hitam Lampung Barat, SMP MIN 3 Lampung Barat, SMP Negeri 1 Mesuji, SMP Negeri 25 Pesawaran, SD Negeri 11 Metro, SDN 4 Metro, SDN 3 Jati Baru Lampung Selatan.

MIN 3 Lampung Barat sebagai madrasah satu-satunya dan perwakilan Madrasah di bawah naungan Kementerian Agama Propinsi Lampung Barat yang memperoleh penghargaan sekolah adiwiyata tingkat Provinsi Lampung. Ikhwan Parlen, S.Pd.I.,M.Pd.I Sebagai Kepala Madrasah turut bersyukur dan bangga serta mengucapkan terima kasih kepada DLH Kabupaten Lampung Barat dan Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Lampung yang dengan sabar membimbing madrasah kami hingga diraihnya penghargaan ini. Setelah memperoleh predikat sekolah adiwiyata tingkat Kabupaten 25 Juni 2019. 

Tim Adiwiyata MIN 3 Lampung Barat dibawah bimbingan DLH Kabupaten Lampung Barat dan kerjasama dengan MIN 3 Lampung Barat sebagai madrasah yang dibina berupaya dan bekerja keras untuk menuju sekolah adiwiyata tingkat provinsi tahun 2020 Alhamdulillah akhirnya terwujud. Atas diraihnya penghargaan ini juga diapresiasi langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Propinsi Lampung Drs. H. Juanda Na’im, M.H. Penerimaan Penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Lampung 2020 ini merupakan kerja keras semua elemen di MIN 3 Lampung Barat, sehingga menjadi penyemangat untuk melangkah ke persiapan menuju Sekolah adiwiyata Tingkat Nasional dan menjadi madrasah yang hebat dan bermartabat. (admin_edisaputra)

Rapat Koordinasi Perdana Kamad bersama Anggota KKM MIN 3 Lampung Barat

Lampung Barat, MIN 3 (Humas 6/3) – Halo Sobat Madrasah! Kepala MIN 3 Lampung Barat, Ikhwan Parlen, S.Ag., M.Pd.I. memimpin secara langsung Rapat Koordinasi (Rakor) Perdananya bersama anggota KKM dengan tetap menjalankan protokol kesehatan (5M). Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa “kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai bentuk koordinasi antara induk dan anggota KKM untuk dapat saling mengenal dalam mengemban visi misi pendidikan khususnya dalam mengemban visi misi madrasah”. Ungkapnya. Acara rakor tersebut dihadiri oleh seluruh kepala madrasah anggota KKM MIN 3 Lampung Barat sebanyak 8 Madrasah diantaranya MIS Harahafiya,, MIS Nurul Iman, MIS Al Furqon, MIS Al-Irsyad Darussalam, MIS Al-Hasyimiyah, MIS Al-Istiqomah, MIS Darul Qolam, MIS Riydhol Jannah. Adapun yang menjadi pembahasan dalam acara tersebut yakni Silaturahmi, menyusun program kerja serta beberapa agenda kegiatan diantaranya, membahas Pelaksanaan Ujian-ujian Akhir Madrasah T.P 2020/2021 sekaligus perkenalan kepala MIN 3 Lampung Barat yang baru menjabat, dan Menyamakan persepsi dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Secara keseluruhan kegiatan tersebut berjalan dengan lancar yang diikuti penuh antusias dari seluruh peserta Rakor. (admin/edisaputra).

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MIN 3 Lampung Barat

Lampung Barat, MIN 3 (Humas 15/2) – Halo Sobat Madrasah! Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan (setiap tahun sekali) dan empat tahunan. Terkait dengan pelaksanaan penilaian kinerja kepala madrasah tersebut, Ditjen Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah menyusun petunjuk teknis penilaian kinerja kepala madrasah yang kemudian ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019. Kinerja Kepala Madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Sehingga kelimanya meliputi : 1. Usaha pengembangan madrasah, 2. Pelaksanaan tugas managerial 3. Pengembangan kewirausahaan 4. Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja kepala madrasah) dinilai perempat tahun sekali. Penilaian kinerja kepala madrasah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 15 Februari 2021, bertempat digedung MIN 3 Lampung Barat, ditunjuk sebagai pengawas adalah tim dari Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat. Penilaian ini merupakan sistem formal yang digunakan untuk menilai kinerja secara periodik, dan hasilnya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan, pemberian reward, perencanaan, pemberian konpensasi dan motivasi. Kedatangan Tim dari Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat disambut oleh keluarga besar MIN 3 Lampung Barat, Dengan acara pembukaan mulai dari sambutan Kepala Madrasah Bapak Ikhwan Parlen, S.Ag.,M.Pd.I dengan mengucapakan selamat datang serta memohon berbagai arahan dari tim Penilai. Dilanjutkan dengan kata smbutan Bapak Ketua Tim yaitu Bapak Sunardi, M.Pd.I beliau mengapresiasi dengan berbagai suguhan berkas yang sudah disiapkan oleh madrasah “saya mengapresiasi sekali atas kinerja madrasah, begitu banyak berkas yang sudah disajikan dan sangat bagus sesuai instrument PKKM semoga ini ditingkatkan lebih bagus lagi”. Ucapanya. MIN 3 Lampung Barat akan selalu berusaha lebih baik lagi baik dalam administrasi maupun bidang lainnya. Termasuk pelayanan terhadap peserta didik. Yang mana mereka wajib mendapatkan transfer ilmu dari para pendidik di MIN 3 Lampung Barat. (admin/edisaputra).

Pisah Sambut Kepala MIN 3 Lampung Barat

Lampung Barat, MIN 3 (Humas 11/2) – Halo Sobat Madrasah! Suasana haru menyelimuti Keluarga Besar MIN 3 Lampung Barat yang menggelar acara pisah sambut Kepala Madrasah secara Luring ( Tetap memperhatiakn Prokes) dan Daring (via Zoom Meeting ),, Nurkholis, S.Pd.I.,MM.Pd. sebagai Kepala Madrasah lama dan menyambut Ikhwan Parlen, S.Ag.,M.Pd.I sebagai Kepala Madrasah yang baru. Acara yang di hadiri oleh Kasi Pendidikan Madrasah Bapak Drs. H. Pirdaus Sablie, M.Pd.I, Ketua Pokjawas Bapak Erfin Syahputra, S.Pd.I, Peratin / Kepala Desa Hujung Ismet Liza, SH. beserta Aparatnya, Ketua Komite, dan Seluruh Kepala Madrasah Anggota KKM MIN 3 Lampung Barat serta seluruh keluarga besar MIN 3 Lampung Barat ini berlangsung sangat khidmat. Serangkaian acara ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Kementerian Agama, dan Tilawatil Qur’an oleh Siswa Tahfidzul Qur’an dari MIN 3 Lampung Barat. Kasi Pendidikan Madrasah Bapak Pirdaus Sablie, M.Pd.I dalam sambutannya mengatakan “pergantian Kepala Madrasah di lingkungan Kementerian Agama adalah hal yang biasa, karena penyegaran dalam seriap waktu kepemimpinan Kamad masing-masing satker, untuk itu, kepada Nurkholis selaku Kamad yang pindah dan Ikhwan Parlen, Kamad yang baru, selama kita masih diberi amanah dalam menjalankan tugas, maka berikanlah yang terbaik kepada madrasah, khususnya dibidang Akademik. Semoga apa yang kita kerjakan bernilai ibadah.”ujar H. Pirdaus Sablie Nurkholis, S.Pd.I.,MM.Pd. selaku Kamad lama mengucapkan “terimakasih kepada para guru, staf dan seluruh warga MIN 3 Lampung Barat yang telah bekerjasama dengan baik dan juga membantu beliau dalam menjalan tugasnya, saya mohon maaf selama memimpin di MIN 3 Lampung Barat terdapat kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja, jika selama saya mengabdi di MIN 3 Lampung Barat ini ada perilaku saya yang salah ataupun ucapan saya yang salah maka itu datangnya dari saya, mohon maaf atas semuanya, dan saya mengucapkan selamat kepada Bapak Ikhwan Parlen, S.Ag.,M.Pd.I, semoga dapat melaksanakan visi dan misi MIN 3 Lampung Barat dan menjadikan madrasah lebih maju dan berprestasi, “ujar Nurkholis. Ikhwan Parlen, S.Ag.,M.Pd.I. selaku Kepala Madrasah baru mengucapkan “terimakasih atas sambutan hangat dari keluarga besar MIN 3 Lampung Barat, “saya berharap kita bersama sama melaksanakan visi, misi dan program madrasah dalam meningkatkan kualitas dan prestasi khususnya dibidang Akademik MIN 3 Lampung Barat menuju madrasah hebat bermartabat, “ujar Ikhwan Parlen. (admin/edisaputra).

Rabu, 10 Maret 2021

Isra' Mi'raj

MAKNA DIBALIK SLOGAN "MADRASAH LEBIH BAIK, LEBIH BAIK MADRASAH" & MADRASAH HEBAT BERMARTABAT

 







MAKNA DIBALIK SLOGAN

 

"MADRASAH LEBIH BAIK, LEBIH BAIK MADRASAH"

&

MADRASAH HEBAT BERMARTABAT

 

 

Selama ini slogan penyemangat madrasah yang dikenal luas adalah "Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah". Tetapi mulai tahun 2018, Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mencoba menambah semangat madrasah agar menjadi madrasah terbaik di provinsi masing-masing.

 

"Mulai tahun 2018 ini, kita mengusung semangat baru dengan slogan Madrasah Hebat Bermartabat," kata Direktur KSKK Madrasah, A. Umar di Jakarta, Kamis (01/02). "Kita sudah mulai melakukan revitalisasi madrasah yang diunggulkan atau yang sudah menjadi unggulan dengan prinsip membangun dari pinggiran dan memperkuat yang unggulan," lanjutnya.

 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata hebat merupakan bentuk adjektiva (kata yang menjelaskan nomina atau pronomina) yang memiliki arti terlampau, amat sangat (dahsyat, ramai, kuat, seru, bagus, menakutkan, dan sebagainya). Sedangkan bermartabat merupakan bentuk kata kerja dari martabat yang berarti memiliki tingkat harkat kemanusiaan atau harga diri.


Sedang oleh Direktur KSKK Madrasah Ditjen Pendis Kemenag, A. Umar, MA, hebat tidak hanya tercermin dari bangunan fisik saja melainkan juga hebat pada siswa dan lulusan madrasah, hebat dalam gurunya mengajar, hebat dalam menyalurkan ilmunya ke masyarakat, hebat prestasi, hebat kualitas siswa serta hebat dalam tata kelola kelembagaan.


Hebat memiliki indikator pada peningkatan kualitas madrasah, baik pada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang semakin profesional, serta kualitas siswa yang berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik.


Sedangkan martabat identik dengan pembangunan karakter peserta didik guna menghasilkan siswa yang berakhlakul karimah.



Madrasah Hebat Bermartabat berarti pencapaian kualitas terbaik kesemua komponen madrasah dengan menggunakan cara yang jujur, berakhlakul karimah, dan sesuai dengan norma keislaman. Hal ini pun erat kaitannya dengan 5 prinsip kerja, yaitu kerja keras, kerja tuntas, kerja cerdas, kerja berkualitas dan kerja ikhlas.

Kamis, 10 Oktober 2019

LOGO HARI SANTRI NASIONAL TAHUN 2019



Panduan dan Rangkaian HARI GURU NASIONAL 2019

Kementerian
Agama RI
HARI GURU NASIONAL 2019

LATAR BELAKANG
Tanggal
25 November secara resmi dijadikan Hari Guru Nasional sejak keluarnya Keputusan Presiden Nomor 78
Tahun 1994. penertapan hari guru mengacu pada berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia yang berdiri
pada 25 November 1945
Peran
guru sebagai tenaga profesional layak diapresiasi dan menjadi teladan bagi generasi penerus bangsa .
Perjuangan dan dedikasi dalam memberikan layanan pendidikan kerap kali menemui tantangan dan rintangan
yang tidak mudah .
Sosok
guru ibarat pelita di tengah gelapnya malam , mengambil peran dalam usaha mewujudkan cita cita bangsa .
Istilah menarik yang biasa digunakan di tengah kerterbatasan dan rintangan yang dihadapi seorang guru
Berhenti mengutuk gelap , mari nyalakan lilin ”.
Tema
yang diangkat oleh Direktorat GTK Madrasah adalah Teladan Penerang Bangsa . Terinspirasi dari sosok guru
yang menjadi teladan dan memberi pelita di tengah gelapnya kebodohan .

DASAR HUKUM
Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ( Lembaran Negara Republik
Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301
Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Lembaran Negara Republik Indonesia
Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun
2008 Nomor 194, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4941) sebagaimana telah diubah
dengan Peraturan Pemerintah Repubilik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan
Pemerintah Nomor 74 Tahun 2oo8 tentang Guru
Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah
sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 66 Tahun 2016
tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan
Pendidikan Madrasah
Peraturan Menteri Agama Nomor 42 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama.

TEMA DAN LOGO HARI GURU NASIONAL 2019
“Guru
T eladan Penerang B angsa M enuju Indonesia U nggul


MASKOT HARI GURU NASIONAL
KUNANG
KUNANG
Kunang
kunang , golongan Lampyridae famili dari ordo
kumbang Coleoptera . M empu memancarkan cahaya yang
dihasilkan oleh sinar dingin ” yang tidak mengandung
ultraviolet maupun sinar inframerah . Tingkat efisiensi
sinar kunang kunang mencapai 96%.
Dua
antena , yang simetris menggambarkan keseimbangan
antara disiplin ilmu agama dan umum .
Sayap
, menggambarakan peran guru yang mengayomi
dan melindungi anak didiknya .
Pena,
peran akademik seorang guru dalam menulis dan
berkarya .

RANGKAIAN HARI GURU NASIONAL
Ekspose
Kompetensi dan
Keprofesian Guru Madrasah.
Launching Mars dan Hymne
Guru Madrasah
Jakarta, 17
Oktober 2019
Anugerah
Konstitusi Guru PPKn
Bogor, 11
12 November 2019
Senam
Sehat Guru Madrasah
Jakarta, 2 November 2019
Gowes
Guruku Pahlawanku
Yogyakarta, 10 November 2019
Anugerah
GTK Madrasah Berprestasi
Lampung, 21
23 November 2019
Lomba
Foto dan Video/Vlog
Jakarta, 1
30 Oktober 2019
Kompetisi
Karya Guru Madrasah
Lampung, 21
23 November 2019
Puncak
Hari Guru Nasional
Lampung, 23 November 2019
Upacara
Hari Guru
Jakarta, 25 November 2019

TERIMA KASIH



Kamis, 26 September 2019

MIN 3 Lampung Barat_ (25/7)
MIN 3 Lampung Barat adalah Peraih Penghargaan Peringkat Ke 2 pada Kegiatan Pembinaan dan Penilaian Sekolah / Madrasah ADIWIYATA Tahun 2019.
Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lampung Barat Bapak PAROSIL MABSUS, S.Pd. Nomor B/365/KPTS/III.14/2019. Tanggal 25 Juli 2019.
Memperhatikan Berita Acara Penetapan Pemenang Sekolah / Madrasah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Lampung Barat Tahun 2019 Nomor 660/190/III.14/2019 tanggal 24 Mei 2019.

MIN 3 Lampung Barat_ ( Sabtu, 7/9 )
Lounching Program WAKAF TUNAI Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung
Pada kesempatan ini dihadiri Oleh Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung.





MIN 3 Lampung Barat_ ( 18/9 )
Selamat Berjuang.
Kontingen Kompetensi Sains Madrasah ( KSM ) Tahun 2019
Kementerian Agama Provinsi Lampung.
Khususnya Kontingen Kabupaten Lampung Barat.
Kepala Kankemenag Drs. H. Mohammad Suhanda, M.Pd.I. beserta Ibu.
Kasi Penmad Kankemenag LB Maryan Hasan, M.Pd.I.
Ibu Kepala MIN 2 LamBar Desi Arisandi, S.Pd.I.,MM
MANADO 16-21 September 2019.
Semoga dalam Lindungan Allah SWT dan membawa hasil yang baik... امين






Sabtu, 14 September 2019









Pengembangan Rehabilitasi Madrasah di Lampung Barat termasuk diantaranya MIN 3 LAMPUNG BARAT di Pekon Hujung Kec. Belalau Lampung Barat.
Pengembangan Sarpras Pendidikan Olahraga dan Pasar.
Rehabilitasi dan Renovasi Sarpras Madrasah Kabupaten Lampung Barat.
Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Lampung.
DIRJEN CIPTA KARYA. BALAI PRASARANA PEMUKIMAN WILAYAH LAMPUNG. KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM & PERUMAHAN RAKYAT.
yang dimulai pada Tanggal 9 Agustus 2019.
Kontraktor PT. CILIWUNG UTAMA PRIMA
Konsultan CV. DENMASS
Yang didampingi langsung Oleh Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah / TP4D
KEJAKSAAN LAMPUNG.


MIN 3 Lampung Barat_ (18/9)
KALENDER PENDIDIKAN
_Analisis Hari Efektif_

Rabu, 11 September 2019




TIM MONITORING PENINGKATAN MUTU AKREDITASI MADARSAH LAMPUNG BARAT
Selasa, 10 September 2019




Lambang Pramuka Tunas Kelapa, Arti dan Penjelasannya
lambang pramuka tunas kelapa


Sudah tahu belum kalau logo pramuka yang bergambar siluet tunas kelapa memiliki 6 makna?
Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti Jiwa Muda yang Suka Berkarya, sebuah organisasi nonformal yang bertujuan menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Sampai saat ini, Pramuka merupakan ekstrakurikuler yang wajib ada di setiap sekolah di Indonesia.
Ada sejarah dan latar belakang perjuangan yang panjang mengiringi sehingga Pramuka dapat dikenal hingga saat ini. Tugas selanjutnya adalah tetap mempertahankan semangat Gerakan Pramuka sehingga api semangat yang telah dinyalakan para pendahulu tidak padam.

Mempelajari sejarah pramuka adalah cara manusia menghargai warisan para pendahulu dan sadar akan pentingnya melanjutkan perjuangan mereka. Cara berjuangnya tentu berbeda, namun tetap pada tujuan yang sama. Salah satunya adalah dengan mengetahui makna dan sejarah lambang pramuka. Sudah ada yang tahu? Yuk, kita ulas sama-sama.

Sejarah Lambang Pramuka
Pramuka sendiri secara resmi berdiri tahun 14 Agustus 1961 melalui Keppres nomor 238 tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka. Sebelum ditetapkan secara resmi, sebenarnya gerakan pramuka telah ada sejak zaman kolonial. Sama seperti tanggal berdirinya Pramuka, lambang yang digunakan hingga saat ini juga sudah ada di hari yang sama.
Lambang Pramuka diciptakan oleh Bapak Sumardjo Armodipuro, seorang Pembina Pramuka yang juga merupakan pegawai di Departemen Pertanian. Latar belakang pertanian yang kemudian membuat tunas kelapa dipilih sebagai simbol Gerakan Pramuka di Indonesia hingga saat ini.
Makna Lambang Pramuka Indonesia
Bukan semata-mata karena pencetusnya berasal dari pertanian, tunas kelapa juga memiliki filosofi tersendiri sehingga dipilih sebagai logo. Berikut ini beberapa alasan yang mendasari.
Tunas Kelapa
Tunas kelapa dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan nama “cikal”. Jadi tunas kelapa melambangkan cikal bakal lahirnya generasi penerus bangsa Indonesia. Melalui Gerakan Pramuka yang bertujuan mencetak generasi-generasi penerus untuk masa depan bangsa.
Cara Hidup Pohon Kelapa
Pohon kelapa adalah pohon yang mampu hidup di berbagai kondisi lingkungan, baik panas atau dingin. Hal itu melambangkan bahwa setiap anggota Pramuka dapat menyesuaikan diri di berbagai kondisi. Walaupun berada di lingkungan yang asing, anggota pramuka telah siap berbaur dengan lingkungan dan masyarakatnya.
Batang Kelapa
Pohon kelapa mampu tumbuh menjadi sangat tinggi hingga berpuluh-puluh meter di Indonesia. Hal ini melambangkan generasi penerus bangsa yang yang memiliki cita-cita tinggi dan mampu tetap berdiri tegak meski berbagai rintangan dihadapi.
Akar Kelapa
Pohon kelapa memiliki akar yang sangat kuat. Hal ini melambangkan bahwa setiap anggota Pramuka memiliki sikap optimisme dan percaya diri yang kuat. Telah dilatih sehingga menjadi pribadi yang kuat seperti akar kelapa.

Buah Kelapa
Dibanding buah lainnya, buah kelapa merupakan yang terkuat. Karena selain dilapisi kulit yang tebal, di bagian dalam juga terdapat cangkang yang menutupi isinya. Hal ini bermakna bahwa setiap anggota pramuka memiliki rohani dan jasmani yang kuat, sehingga memiliki tekad dan komitmen yang tidak mudah goyah meski banyak hadangan.
Pohon Kelapa
Secara keseluruhan pohon kelapa memiliki segudang manfaat, mulai dari akar, batang, daun hingga buahnya. Oleh karena itu, tunas kelapa dipilih sebagai maksud bahwa anggota Pramuka merupakan perwujudan dari manusia yang bermanfaat bagi agama, bangsa, negara dan di mana pun ia berpijak.
Sekarang sudah mengerti ‘kan filosofi lambang tunas kepala pada Gerakan Pramuka di Indonesia? Nah, selanjutnya kita beralih ke lambang pramuka dunia.


Lambang Pramuka Dunia
Jauh sebelum Gerakan Pramuka berkembang di Indonesia, Lord Baden Powell selaku Bapak Pandu Sedunia telah mengenalkan gerakan tersebut di Inggris melalui bukunya yang berjudul “Scouting for Boys” pada tahun 19216 Ia juga yang kemudian mendirikan WOSM (World Organization Scout’s Of Movement), sebuah organisasi kepanduan dunia.
WOSM adalah organisasi independen yang memiliki tugas membimbing semua kelompok muda susuai pada Janji dan Hukum Pramuka sebagai tujuan mendukung pembangunan dunia. selain itu, WOSM juga mengemban misi untuk melindungi seluruh Organisasi Kepramukaan di dunia.

Berbeda dibanding lambang pramuka di Indonesia, lambang WOSM terdiri dari beberapa unsur yang masing-masing memiliki maknanya sendiri. Berbentuk tali melingkar dengan simpul trefoil serta kompas dan dua bintang di dalamnya. Ingin tahu makna setiap unsur tersebut? Mari kita ulas.
Kompas
Kompas merupakan alat penunjuk arah. Hal ini memiliki makna bahwa anggota pramuka merupakan orang-orang yang dapat dipercaya untuk menjadi penunjuk arah yang benar.
Trefoil
Gambar trefoil dengan tiga ujungnya pada logo WOSM memiliki arti bahwa kepanduan dunia memiliki tiga asas, atau di Indonesia biasa disebut dengan Trisatya.
Dua Bintang
Bintang disimbolkan sebagai penerang di malam hari. Hal ini bermakna bahwa anggota pramuka merupakan orang-orang yang mampu berguna sebagai penerang atau harapan bagi mereka yang ingin meraih cita-cita dan ilmu pengetahuan.
Tali Melingkar
Ada tali dan simpul mati di ujungnya. Hal ini bermakna bahwa setiap anggota pramuka di seluruh dunia terjalin menjadi satu persahabatan yang tidak terpisahkan hingga akhir hayat, juga rasa persaudaraan antar sesama manusia. Seperti makna simpul mati yang tidak bisa dilepas.
Warna Putih
Warna putih pada latar belakangnya juga memiliki makna, yaitu pramuka yang memiliki hati bersih dan suci.
Warna Ungu
Warna ungu pada logo memiliki arti bahwa setiap anggota pramuka memiliki sifat yang terampil, jiwa pemimpin dan suka membantu orang.
Logo pramuka memang tidak dibuat sembarangan. Ada makna pada tiap unsurnya, bahkan unsur terkecil sekalipun. Hal tersebut didasari pada sejarah dan tujuan utama pramuka.

Salam Pramuka........


Kamad

NURKHOLIS, S.Pd.I.,MM.Pd

KSM 2024

Assalamualaikum Wr. Wb. Tabik Pun. Sahabat Religi! Sahabat Madrasah! Lampung Barat MIN 3 (Humas) ---  Selamat Berjuang Siswa/i M...